1. Diberikan pernyataan “Tidak benar bahwa penjualan merosot maupun pendapatan tidak naik”
Misalkan:
p = “penjualan merosot”
q = “pendapatan naik”
a. Nyatakan pernyataan di atas dalam notasi simbolik.

~ ( p  ( ~ q ) )
b. Berikan pernyataan yang ekivalen secara logika dengan pernyataan tersebut (petunjuk: gunakan Hukum de Morgan).
~ ( p  ( ~ q ) ) = ~ p  ~ (~q ) )[Hukum de Morgan]
= ~ p  q [Hukum Involusi]
Penyelesaian : “penjualan tidak merosot atau pendapatan naik”
2. Diberikan pernyataan “Untuk mendapatkan satu kupon undian, Anda cukup membeli dua produk senilai Rp. 50.000,-”.
a. Nyatakan pernyataan di atas dalam bentuk proposisi “jika p, maka q”. 
“Jika Anda membeli dua produk senilai Rp. 50.000,-, maka Anda mendapatkan satu kupon undian”
b. Tentukan ingkaran, konvers, invers, dan kontraposisi dari pernyataan tersebut.
Ingkaran (negasi):
p  q  ~ p  q
~ ( p  q)  ~ (~p  q)               
           p  ~ q   
Penyelesaian : “Anda membeli dua produk senilai Rp. 50.000,- dan Anda tidak mendapatkan satu kupon undian”
3. Diberikan pernyataan “Untuk mendapatkan satu Amplop undian, Anda cukup membeli dua produk senilai Rp. 20.000,-”.Tentukan ingkaran, konvers dari pernyataan tersebut.
Ingkaran (negasi): 
Penyelesaian : Konvers : “Jika Anda mendapatkan satu Amplop undian, maka Anda membeli dua produk Rp. 20.000,-”
4. Tunjukkan bahwa [ p  ( p  q ) ]  q adalah tautologi. (10)
Tabel kebenaran:






Dari tabel kebenaran, terlihat bahwa [ p  ( p  q ) ]  q selalu bernilai benar dan karenanya merupakan sebuah tautology

5. Diberikan pernyataan “Untuk mendapatkan satu Tiket , Anda cukup membeli dua produk senilai Rp. 10.000,-” Tentukan ingkaran, Invers dari pernyataan tersebut.
Ingkaran (negasi):
Penyelesaian :“Jika Anda tidak membeli dua Tiket senilai Rp. 10.000,-, maka Anda tidak mendapatkan satu  Satu Tiket”
6. Berapa banyak bilangan bulat antara 501 sampai 1000 yang tidak habis dibagi 3 atau 5? 
(10)
Misalkan:
Z = himpunan bilangan bulat
A = {x | x  Z, 501  x  1000, x habis dibagi 3}
B = {x | x  Z, 501  x  1000, x habis dibagi 5}
Maka, banyaknya bilangan bulat antara 501 sampai 1000 yang tidak habis dibagi 3 atau 5 dapat dinotasikan dengan |U| - |A  B| dengan |U| menyatakan banyaknya bilangan bulat di antara 501 sampai 1000
|A  B| = |A| + |B| - |A  B|
= (1000 / 3 – 500 / 3) + (1000 / 5 – 500 / 5)
- (1000 / (3 * 5)  – 500 / (3 * 5))
= 167 + 100 – 33
= 234
sehingga
|U| - |A  B|= 500 – 234 = 266
jadi, banyaknya bilangan bulat antara 501 sampai 1000 yang tidak habis dibagi 3 atau 5 adalah 266 bilangan.
7. Misalkan A, B, dan C adalah himpunan. Gunakan hukum-hukum aljabar himpunan dan prinsip dualitas untuk menentukan hasil dari operasi himpunan


    1.                                            (7,5)
=            [Hukum Asosiatif]
=                               [Hukum Distributif]
=                                                  [Hukum Komplemen]
=                                                             [Hukum Distributif]
=                                                                      [Hukum Komplemen]
=                                                                              [Hukum Idempoten]
b.                                                 (7,5)
=                                                      [Hukum Dualitas dari jawaban a]

        
8. Misalkan A adalah himpunan. Periksalah apakah setiap pernyataan di bawah ini benar atau salah dan jika salah, bagaimana seharusnya:
Penyelesaian :
 
           salah, seharusnya  
 benar
  benar
 salah, seharusnya  
 salah, seharusnya  
atatan: angka yang diapit tanda kurung di sebelah kanan soal menunjukkan bobot soal tersebut
9. Diberikan pernyataan “Untuk mendapatkan satu Kupon undian, Anda cukup membeli dua produk senilai Rp. 50.000,-”.Tentukan ingkaran, kontraposisi dari pernyataan tersebut.
Penyelesaian : Kontraposisi- “Jika Anda tidak mendapatkan satu kupon undian, maka Anda tidak membeli dua Kupon senilai Rp. 50.000,-”
10.     Dalam sebuah kantong terdapat 8 kaleng. Berapa banyak cara mengambil 4 kaleng dari kantong tersebut?
jawaban :
8C4 = 8!/4!(8-4)! = (8x7×6×5×4!)/4!4! = 70 cara
    11.   Mahasiswa di minta mengerjakan 9 dari 10 soal ulangan , tetapi soal 1- 5 harus di kerjakan. Banyaknya pilihan yang dapat diambil mahasiswa adalah:
jawaban :
5C4 = 5!/4!(5-4)! = (5×4!)/4!1! = 5 cara
    12.    Terdapat tiga orang (a,b,dan c) yang akan duduk bersama di sebuah bangku. Ada berapa urutan yang dapat terjadi ?
jawaban : 
nPx = n! 
3P3 = 3! 
       = 1 x 2 x 3 
       = 6 cara (abc, acb, bac, bca, cba, cab)
13.    8 anak pada suatu acara saling berjabat tangan satu sama lain. Tentukan banyaknya jabat tangan yang terjadi!
jawaban :
Kombinasi dengan n = 8 dan r = 2
                  8!                    8!               8 . 7 . 6 !
8 C 3 = _____________ = __________ = _______________ = 28 jabat tangan
           (8 − 2)! 2!            6! 2!              6! 2.1 
14.   6 orang siswa terpilih untuk mengikuti perlombaan tenis meja ganda. Tentukan banyaknya cara penyusunan pasangan pemain dari keenam siswa tersebut!
jawaban :
Kombinasi 2 dari 6 : 
             6!              6!               6.5.4 !
6C2 = ___________ = ________ = ___________ = 15 cara pemasangan
          (6 -2)! 2!     4! 2!             4! 2.1

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.